MUBTADA DAN KHOBAR

 

أَلْمُبْتَدَاءُ و الخَبَرُ

MUBTADA DAN KHOBAR





BAB 1

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

 

Bahasa Arab memiliki fungsi istimewa dibandingkan dengan bahasa-bahasa lainnya. Fungsinya yang dimaksud adalah selain bahasa al-Qur'an, juga sebagai alat komunikasi baik antara manusia dengan sesamanya maupun antara manusia dengan Tuhannya yang terwujud dalam bentuk shalat, doa dan sebagainya.

Bahasa Arab merupakan sarana untuk mempelajari agama Islam secara mendalam, karena pokok ajaran Islam adalah al-Qur'an yang berbahasa Arab sebagaimana firman Allah swt dalam Q.S. Yusuf (12): 2  

اِنَّآ اَنْزَلْنَهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ . (2)

Terjemahan :

"Sesungguhnya kami menurunkannya berupa al-Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya".[1]

1

Sebagaimana juga kita ketahui bahwasanya Al-Qur’an dan As-Sunnah  merupakan dua landasan utama hukum Islam. Al-Qur’an dan As-Sunnah merupakan Firman Allah dan Sabda Rasulullah yang berisi ajaran-ajaran lslam. Keduanya merupakan pedoman hidup bagi setiap muslim. Karena Al-Qur’an dan As-Sunnah itu berbahasa Arab, maka setiap muslim yang ingin memahaminya harus memahami kaidah bahasa Arab.

2

Ilmu bahasa Arab yang luas sangat tersusun dan teratur mengikut disiplin linguistiknya yang tersendiri. Pembahagiannya yang terperinci kepada bahagian sorf ( morfologi ), nahu (sintaksis ) seterusnya makna (semantik) menunjukkan susunan ilmu bahasa pilihan Pencipta ini amat teratur dan mudah difahami. Propaganda yang mengatakan bahawa bahasa Arab adalah bahasa yang paling sukar dipelajari merupakan dakwaan yang tidak betul, bahkan bahasa ini jika dipelajari mengikut tahap-tahapnya akan menjadikan penuntutnya berkeinginan untuk terus mempelajarinya dan mendalaminya.

Mubtada’ dan khabar merupakan salah satu tajuk awal dalam nahu bahasa Arab yang dipelajari oleh penuntutnya dalam bahagian sintaksis (nahu). Lazimnya kedua-dua tajuk ini yang saling berkait dipelajari selepas penuntutnya memahami konsep-konsep atau tajuk-tajuk yang ada dalam bahagian sorf ( morfologi).

Secara umum, kaidah bahasa Arab itu terbagi atas dua, yaitu Ilmu Sharaf dan Ilmu Nahwu. Ilmu Sharaf ialah kaidah-kaidah tentang cara membentuk kata dalam bahasa Arab serta ketentuan-ketentuan lainnya seperti aturan penambahan dan pengurangan huruf. Sementara Ilmu Nahwu ialah kaidah-kaidah untuk mengetahui fungsi setiap kata dalam kalimat, cara menentukan setiap akhir kata dalam kalimat, serta cara mengi'rabnya, yang didalamnya mempelajari beberapa aspek penting dalam kaidah bahasa arab, seperti  اِسْمٌ(kata benda ),  فِعْلٌ(kata kerja) وَ حَرْفٌ  (huruf/kata penghubung ),جُمْلَةٌ اِسْمِيَّةٌ  (kalimat yang diawali dengan kata benda ) و جُمْلَةٌ فِعْلِيَّةٌ (Kalimat yang diawali dengan kata kerja ).

 

 

 

B.    

3

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis ingin mengemukakan sebuah pokok permasalahan yang berkaitan dengan جُمْلَةٌ اِسْمِيَّةٌ  yang didalamnya membahas tentang الْمُبْتَدَأُ وَ الْخَبْرُ .

1.      Apa pengertianالْمُبْتَدَأُ وَ الْخَبْرُ   

2.      Bagaimana Hukum dan ketentuan menjadi      الْمُبْتَدَأُ وَ  الْخَبْرُ

3.      Ada berapa pembagian  الْمُبْتَدَأُ وَ الْخَبْرُ   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

                    PEMBAHASAN

A.      Pengertian الْمُبْتَدَأُ )Subyek( dan الْخَبْر )Predikat(

الْمُبْتَدَأُ هو إسْمُ مَرْفُوْعُ يَقَعَ فِي اَوَّلِ الْجُمْلَةِ. و الخبر هو ما يكمل معنى المبتدأ ( أى هو الجزء الذى ينتظم منه مع المبتدأ جملة مفيدة ). مثل : الْمُدَرِّسُ حَاضِرٌ.( الْمُدَرِّسُ : هو مبتدأ. "حَاضِر " هو خبر مرفوعان بالضمة. [2]

Mubtada’ adalah Isim Rofa’ yang terletak di awal jumlah (kalimat). Sedangkan Khabar ialah yang menyempurnakan makna Mubtada’ ( artinya suatu bagian yang tersusun bersama mubtada’ dalam sebuah kalimat )contohnya : الْمُدَرِّسُ حَاضِرٌ ( Guru itu hadir ) .

Selain itu Mubtada’ adalah isim marfu yang umumnya terletak pada awal jumlah. Adapun Khobar adalah isim yang menyempurnakan makna mubtada’.

Contoh :  مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ ( Muhammad adalah Rasulullah ). Kata مُحَمَّدٌ marfu’ dengan tanda dhommah yang merupakan isim mufrod, sebagai mubtada’.
Kata 
رَسُوْلُ marfu’ dengan tanda dhommah yang merupakan isim mufrod, sebagai khobar.[3]

Menerut  Ahmad Thib Raya  dan Musdah Mulia dalam  bukunya Pangkal Penguasaan Bahasa Arab  الْمُبْتَدَأُ ialah Pokok Kalimat atau Subyek. Dan الخبر ialah Predikat atau Pelengkap.

 

Contoh : الطَّالِبُ ذَكِيٌّ  ( Mahasiswa itu pintar).

4

kata  الطَّالِبُ dalam contoh di atas adalah الْمُبْتَدَأُ, sedangkan kata ذَكِيٌّ adalah. خَبْرُ الْمُبْتَدَأ  kata “ Mahasiswa itu “ adalah pokok kalimat atau subyek, sedangkan kata “ Pintar “ adalah predikat atau Pelengkap. Apabila kata  الطَّالِبُ dituliskan tersendiri tanpa ada kata  ذَكِيٌّ, maka kata  الطَّالِبُ belum dapat disebut مُبْتَدَأ. Demikian pula sebaliknya, apabila kata  ذَكِيٌّ dituliskan tersendiri tanpa ada kata الطَّالِبُ, maka kata ذَكِيٌّ  belum dapat disebut خَبْرُ الْمُبْتَدَأ .

B.      

5

Hukum dan Ketentuan الْمُبْتَدَأُ وَ الْخَبْرُ   

 

المبتدأ و الخبر اسمان مرفوعان تتركب منهما جملة اسمية مفيدة " اَلْعِلْمُ نَافِعٌ ".

 عَلاَمَةُ رَفعِ المبتدأ والخبر " الضَّمَّةُ  ": اَلْعِلْمُ نَافِعٌ, و" الأَلِفُ " في مُثَنى : التِّلْمِذَانِ مُجتهدَانِ, و " الْواو " في جمع المذكر السالم : اْلمُجتَهِدُونَ نَاجِحُونَ.  [4]

 

Mubtada’ dan  khobar adalah isim yang sama-sama dirafa’ yang tersusun dalam sebuah kalimat yang sempurna, contohnya اَلْعِلْمُ نَافِعٌ ( Ilmu itu bermanfaat ).

Adapun tanda-tanda rafa’ dalam mubtada’ dan khobar ada 3 yaitu Dhommah ( ُ/ ٌ) contoh اَلْعِلْمُ نَافِعٌ , alif ( ا ) pada bentuk Mutsanna  (menunjukkan 2 orang ) contoh التِّلْمِذَانِ مُجتهدَانِ ( kedua siswa itu bersungguh-sungguh ), dan huruf wau ( و ) pada jamak mudzakkar salim ( menunjukkan banyak laki-laki) contoh  اْلمُجتَهِدُونَ نَاجِحُونَ

 ( orang yang bersungguh-sungguh itu sukses ).

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun kalimat yang terdiri atas Mubtada’ dan Khabar, yaitu sebagai berikut :

 

1.    المبتدأ دائما معرفة ’ والخبر أغلبه نكيرة                                                    

و الأسماء المعرفة هي :

أ‌)       الاسم المحلى بالألف و اللام ( اَلْ ). مثل : القلمُ, الكتابُ , البابُ ( القَلَمُ رَخِيْصٌ).

ب‌) 

6

اسم الضمير . مثل : انا, نحن , انتَ , انتما , انتُمْ , انتِ , انتما , انتُنَّ, هوَ , هُمَا, هُمْ , هِيَ, هُمَا, هُنَّ . ( اَنَا مُوَطَّفٌ ـ اَنْتِ مُدَرِّسَةٌ ) .

ت‌)  اسم الإشارة . مثل : هَذَا , هَذِهِ , ذَلِكَ , تِلْكَ . ( هَذا كُرْسِيٌّ ) .

ث‌)  اسم علم . مثل : محمد , أحمد , عائشة , زينب...الخ ( محمد مَاهِرٌ )

ج‌)    الاسم المضاف إلى اسم المعرفة . مثل : كِتَابُ الأُسْتَذُ, بَابُ المَسْجِدُ. (كِتَابُ الأُسْتَذُ كَثِيْرٌ ).

وكل من هذه الأسماء يمكن أن تكون مبتدأ. [5]

و الاسم النكرة هي بدون المحلى بالألف و اللام ( اَلْ ). مثل : قلمٌ , كتَابٌ , بَابٌ ( الباب جَمِيلٌ ).    

 

Mubtada’ selalu isim Ma’rifah sedangkan Khabar pada umumnya berbentuk Nakirah. Adapun bentuk isim ma’rifah itu adalah :

a)              Isim yang diawali dengan huruf alif lam ( اَلْ ). Contoh القَلَمُ رَخِيْصٌ (pulpen itu murah ).

b)             Terdiri dari isim dhomir ( kata ganti )  contoh   هو مجتهد ( dia bersungguh-sungguh )

c)             Isim isyarah (kata tunjuk ) contoh هَذا كُرْسِيٌّ

d)            Nama (orang,profesi,kota dll.) contoh محمد مَاهِرٌ

e)             Yang bersandar ke isim ma’rifah contoh كِتَابُ الأُسْتَذُ كَثِيْرٌ.

 

Semua bentuk isim ma’rifah yang telah disebutkan diatas adalah menjadi mubtada’. Sedangkan bentuk isim nakirah ialah isim yang tidak diawali  (( اَلْ contoh ( الباب جَمِيلٌ )..

2.     

7

Mubtada dan khabar harus sesuai dari segi jenis dan bilangannya, terbagi menjadi dua bagian yaitu  :   المبتدأ من الاسم غير العاقل و الخبر من الصفة (tidak berakal ) danو خبره من الوصف  المبتدأ للعاقل (berakal).

a)             المبتدأ من الاسم غير العاقل و الخبر من الوصف (الصفة المشبه) (Mubtada’nya dari isim yang tidak berakal )

 

 Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun kalimat mubtada’ gairul Aqli, yaitu :

1)      Apabila Mubtada’nya mufrad mudzakkar (tunggal laki-laki) maka khobarnya juga demikian.

2)      Apabila Mubtada’nya Mufrad Muannas (Tunggal Perempuan) maka khobarnya juga demikian.

3)      Apabila Mubtada’nya Mutsanna Mudzakkar (Dua laki-laki) maka khobarnya juga demikian

4)      Apabila Mubtada’nya Mutsanna Muannas (Dua perempuan ) maka khobarnya juga demikian.

5)      Apabila Mubtada’nya Jama’ Taksir (Banyak laki-laki) maka khobarnya kembali ke bentuk Mufrad Muannas ( Tunggal perempuan)

6)      Apabila Mubtada’nya Jama’ Muannas Salim (Banyak perempuan) maka Khobarnya kembali kebentuk Mufrad Muannas (Tunggal Perempuan).

 

contoh :

معنه

مؤنث  (perempuan )

معنه

مذكر

( laki-laki )

 

Kamar itu bersih

الحُجرَةُ ٌ نَظِيفَةٌ

Masjid itu bersih

الَمسْجِدُ نَظِيفٌ

مُفْرَدُ  Tunggal

Kamar itu bersih

الحُجرَتَانِ  نَظِيفَتَانِ

Masjid itu bersih

الَمسْجِدَانِ نَظِيفَانِ

مُثَنّى Dua

Kamar-kamar itu bersih

الحُجُرَاتُ  نَظِيفَةٌ

Masjid-masjid itu bersih

الَمسَاجِدُ  نَظِيفَةٌ

8

جَمْعٌ   Banyak

 

b)     المبتدأ للعاقل و خبره من الوصف  ( mubtada’nya dari isim yang berakal),yaitu:

1)      Apabila Mubtada’nya mufrad mudzakkar (tunggal laki-laki) maka khobarnya juga demikian.

2)      Apabila Mubtada’nya Mufrad Muannas (Tunggal Perempuan) maka khobarnya juga demikian.

3)      Apabila Mubtada’nya Mutsanna Mudzakkar (Dua laki-laki) maka khobarnya juga demikian

4)      Apabila Mubtada’nya Mutsanna Muannas (Dua perempuan ) maka khobarnya juga demikian.

5)      Apabila Mubtada’nya Jama’ Taksir dan Jama’ Mudzakkar salim (banyak laki-laki) maka Khobarnya juga demikian

6)      Apabila Mubtada’nya Jama’ Muannas Salim ( banyak perempuan) maka Khobarnya  juga demikian.[6]

Contoh :

 

معنه

مؤنث  (perempuan )

معنه

مذكر

( laki-laki )

 

Mahasiswa  itu Pintar

الطَّالِبَةُ ذَكِيَّةٌ

Mahasiswa  itu Pintar

الطَّالِبُ ذَكِيٌّ

مُفْرَدُ  Tunggal

Mahasiswa  itu Pintar

الطَّالِبَتَانِ ذَكِيَّتَانِ

Mahasiswa  itu Pintar

الطَّالِبَانِ ذَكِيَّانِ

مُثَنّى Dua

Mahasiswa-mmahasiswa  itu Pintar

الطَّالِبَاتُ ذَكِيَّاتُ

Mahasiswa-Mahasiswa  itu Pintar

الطُّلاَّبُ أَذْكِيَاءُ

جَمْعٌ   Banyak

 

 

 

C.     

9

Pembagian Mubtada’ dan khabar ( أقسام المبتدأ و الخبر)

1.         Pembagian Mubtada’

Mubtada’ terbagi menjadi dua bagian yaitu ظَاهِرٌ  اسم (isim zhahir/ nyata)  dan مُضْمَرُ     اسم   (Isim dhamir/kata ganti) .

a)          Isim zhahir  ialah isim/Mubtada’nya jelas  bukan di Ta’wilkan pada isim dhomir contoh  المدرس قائم ( Guru itu berdiri ).

b)         Isim Dhomir. Ada 3 macam  Isim dhomir yaitu : Dhomir Muttasil (bersambung ), Dhomir mustatirun (tersembunyi), dhomir Munfasil (berpisah). Isim Dhomir yang dapat digunakan untuk Mubtada’ hanyalah  isi dhomir munfasil. Seperti contoh dibawah ini : [7]

مبتدأ و خبر

الضمائر

انا قائم                       saya berdiri                                             

انا                                            saya

نحن قائمون                                      kami  berdiri

نحت                            kami atau kita

هو قائم         Dia Seorang laki-laki  berdiri          

هو                    Dia 1 orang laki-laki

هما قائمان Mereka berdua orang laki-laki berdiri   

هما                    Dia 2 orang laki-laki     

هم قائمون              Mereka semua laki-laki berdiri

هم                     Dia banyak laki-laki              

هي قائمة               Dia seorang perempuan berdiri  

هي                Dia 1 orang perempuan

هما قائمتان        Mereka berdua perempuan berdiri

هما                 Dia 2 orang perempuan  

هنَّ قائمات                   mereka perempuan berdiri

هنَّ                 Dia banyak perempuan

انتَ قائم                           Kamu laki-laki berdiri   

انتَ               Kamu  1 orang laki-laki

انتما قائمان            mereka berdua laki-laki berdiri

انتما               Kamu  2 orang laki-laki 

انتُمْ قائمون                        Kalian laki-laki berdiri

انتُمْ                           Kalian laki-laki

انتِ قائمة                      Kamu Perempuan berdiri

انتِ           Kamu  1 orang perempuan   

انتما قائمتان       mereka berdua Perempuan berdiri

انتما           Kamu  2 orang perempuan        

انتُنَّ  قائمات                   kalian perempuan berdiri

انتُنَّ                       Kalian perempuan           

10

Isim Dhomir Munfasil

انا, نحن, انتَ, انتِ, هو, هي. الخ.

 

Isim zhohir, seperti

زيدٌ قَائِمٌ

 

Pembagian Mubtada

 

 

 

 

 

 

 

 

 


2.         Pembagian Khobar

Menurut Syekh Mustafa Al-Galayaini Dalam bukunya Jami’ Ad-Durus Khabar itu  terbagi menjadi dua bagian yaitu Khabar Mufrad dan Khabar Jumlah.

خبر المبتدأ  قسمان : مفرد و جملة

أ‌)       فالخبر المفرد  : ما كان غير جملة , إن كان مثنى أو مجموعا, نحو : " الْمُجْتَهِدُ مَحْمُوْدٌ ـ و المجتهدان محمودان,  و المجتهدون محمودون.

ب‌)  الخبر الجملة : ما كان جملة فعلية، أو جملة اسمية. فالاول نحو : " الْخُلُقُ الحَسَنُ يُعَلِّي قَدْرَ صَاحِبِهِ "

 ( الحلقُ : مبتدأ , والحسن : صِفَة. يعلي   : فعل و فاعله, و جملة يعلي : جملة فعلية خبره. ).

و الثاني نحو :" الْعَامِلُ خُلُقُهُ حَسَنٌ " ( العامل مبتدأ, و خُلُقه مبتدأ ثان, و حسن خبر المبتدأ الثاني, وجملة المبتدأ الثاني و خبره جملة اسمية , جبر المبتدأ الأول ). [8]

a)      Khabar Mufrad ialah khabar selain jumlah atau khabar yang tidak ditakwilkan kepada jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah baik itu dalm bentuk Mutsanna atau Jama’. contoh الْمُجْتَهِدُ مَحْمُوْدٌ (orang yang bersungguh-sungguh itu adalah mahmud).

b)      Khabar Jumlah ialah khabar yang ditakwilkan kepada jumlah Ismiyyah dan jumlatu fi’liyah. Contoh Jumlatu Ismiyyah :

11

حَسَنٌ الْعَامِلُ خُلُقُهُ ( Pekerja itu Akhlaknya baik), Jumlatu Fi’Liyyah :

الْخُلُقُ الحَسَنُ يُعَلِّي قَدْرَ صَاحِبِهِ ( Akhlak yang baik itu mengangkat derajat orang yang berbuat ).

 

Menurut Syekh Syamsuddin Muhammad Araa’ini dalam Bukunya Ilmu Nahwu Terjemahan Mutammimah Ajurumiyyah, Khobar terbagi menjadi dua yaitu Khobar Mufrad dan Ghair Mufrad.

a)      Yang dimaksud dengan Khobar Mufrad  Ialah Khabar yang bukan jumlah dan bukan pula serupa dengan jumlah.

b)      Khobar Ghair Mufrad ialah Khobar yang terdiri atas Jumlah Ismiyyah ( Terdiri atas Mubtada’ Khabar ),  Jumlatu Fi’liyyah ( terdiri atas Fi’il Fa’il  ).Shibuhul Jumlah (serupa dengan jumlah) yaitu Zharaf dan Jar Majrur.

Contoh : Khobar Mufrad

زَيدٌ قَائِمٌ                 Zaid berdiri

زَيدَانِ قَائِمانِ               Kedua Zaid itu Kedua-duanya berdiri        

زَيدُونَ قَائِمُونَ            Zaid-Zaid itu Semuanya berdiri.

 

Contoh : Khobar Ghair Mufrad

1)      Jumlatu Fi’liyyah ( Fiil Fail )

     Kebersihan itu menyegarkan badan.  النَّظَافَةُ   تُنَشِّطُالجسمَ 

                                          النَّظَافَةُ         :  Mubtada’     

 الجسمَ تُنَشِّطُ  :  Fi’il Mudhori’, Fail dan Maf”ulun bihnya. Jumlah Antara Fiil,Fa’il dan Maf’ulnya adalah Khabar Mubtada.

 

2)      Jumlatu Ismiyyah ( Mubtada Khabar)

12

البِنْتُ جَمَالُهَا الشَّرَفُ  Kecantikan seorang Perempuan suatu   kehormatan baginya.

البِنْتُ                   = Al-Mubtada’ Awwal

جَمَالُهَا الشَّرَفُ           = Mubtada’ Tsani dan Khabarnya, jumlah antara Mubtada Tsani dan Khabarnya,adalah Khabar Mubtada’ awwal.

3)      ظَرْفٌ / zharaf ( Bentuk Keterangan ), ada dua macam yaitu Zharfun Makan ( Keterangan tempat ) dan Zharfun Zaman (Keterangan waktu ) yaitu :   أمام didepan , فَوقَ diatas, تَحتَ dibawah , وَرَاء dibelakang ,بِجَانِبِ disamping, بَعدَ, setelah قبل sebelum, صَباحا waktu pagi, لَيل waktu malam,نهار waktu siang, مساء waktu sore.

Contoh :

 أمَامَ الإِدَارَةِالمُدَرِّسُ           Guru didepan kantor

                                   لمُدَرِّسُ                 = Mubtada’

أمَامَ الإِدَارَةِ               = Jumlah antara zharfun makaan dan Mudaf wa Mudafun ilaihi adalah Khobar lil Mubtada”.

4)      Al- Jar Majrur  yaitu  (     مِن ـ إِلَى ـ عَن ـ عَلَى ـ فِي ـ رُبَّ ـ كَ ـ لِ ـ بِ .).

Contoh :

الدُّرْجِ فِي  الشَّنطَةُ      Tas itu didalam laci

                                                الشَّنطَةُ               = Mubtada’

13

الدُّرْجِ فِي               = Jumlah dari Isim Jar Majrur adalah Khabar Min Mubtada’.[9]

 

Pembagian Khobar

Ghair Mufrad Terbagi Dua

Mufrad

زيدٌ قَائِمٌ, زيدان قائمان, زيدون قائمون

 

Syibhul Jumlah, Yaitu

Zharfun : أمَامَ الإِدَارَةِالمُدَرِّسُ

Jar Majruru : الدُّرْجِ فِي  الشَّنطَةُ      

Jumlah yaitu :

Jumlatu Fi’Liyah : النَّظَافَةُ   تُنَشِّطُالجسمَ

Jumlatu Ismiyyah : البِنْتُ جَمَالُهَا الشَّرَفُ  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


مُقَدَّم + مبتدأ مؤخَّر خبر

Mendahulukan Khobar dari Mubtada’nya.

Susunan kalimat Khobar Muqaddam da Mubtada’ Muakhkhar ini dapat dilakukan apabila memenuhi dua syarat, yaitu :

1.    Kata-kata yang dijadikan Mubtada’ adalah isim Nakirah, seperti : موظف, مدرس, بيت, جامعة.

2.      Khobar Mubtada’nya terdiri dari Jar Majrur dan zharfun.

في المدرسة, أمام الفصل.

Contoh :         على الجِدارِ صورةٌ  diatas Dinding ada sebuah gambar   

 

وراء السيارةِ طالبٌ  dibelakang mobil ada   seorang   mahasiswa.[10]

 

 

BAB III

PENUTUP

A.      Kesimpulan

Berdasarkan uraian makalah diatas maka penulis dapat menarik sebuah kesimpulan sebagai berikut :

1.      Mubtada’ adalah isim Marfu’yang terletak diawal kalimat biasa disebut sebagai subyek. Sedangkan Khobar ialah Pelengkap dari mubtada’ atau Predikat.

2.      Hukum I’Robbnya Mubtada’ dan Khobar adalah sama-sama marfu’. Isim Yang boleh menjadi Mubtada’ ialah Isim Ma’rifah,isim Dhomir,Isim Isyarah,Nama dan Idhafah fil Ismi Ma’rifah, sedangkan isim yang menjadi Khabar ialah Isim Nakirah. Dalam Mubtada’khabar itu selalu sesuai dari segi jenis dan bilangannya.

3.       Mubtada’ terbagi menjadi dua yaitu Mubtada’ zhohir dan Mudmar. Sedangkan Khabar terbagi menjadi 4 macam yaitu Khobar Mufrad, Khobar Jumlatu Fi’liyyah, Khobar Jumlatu Ismiyyah, zharfun dan Al-Jar Majrur.

B.       Implikasi

1.     

14

Untuk Memahami struktur kalimat bahasa arab harus menguasai ilmu nahwu dan sharaf.

2.      Dalam upaya untuk memudahkan membaca kitab kuning atau kitab yang tidak berbaris dan Menterjemahkan kalimat  maka harus mengetahui kaidah dan struktur kalimat dalam bahasa arab diantaranya adalah  isim, fiil, Fail,Maf’ul,Mubtada, Khobar dan Huruf.

3.      Mempelajari bahasa arab sangat penting karna untuk menafsirkan sebuah ayat-ayat Alquran dan Hadits harus menguasai Bahasa Arab.

 

         

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Agama, Departemen RI al-Qur'an  dan Terjemahannya. Jakarta: CV Penerbit

J-ART, 2004

 

Ni’mah Fuad, Mulakhkhos:  Qawa’id Al-lugatul  Al’Arabiyah. Cet. X ; Mansyurat Darul Hikmah : Damaskus,

 

Anwar, Moch, Abu Bakar, Anwar. Ilmu Nahwu Terjemahan Matan Al-Ajurumiyyah dan ‘Imrithy berikut penjelasannya. Cet. 6; Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1995.

 

Muhammad Araa’ini, Syamsuddin. Ilmu Nahwu Terjemahan Mutammimah Ajurumiyyah, Cet. IV; Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2002.

 

Thib Raya, Ahmad, Mulia, Musdah. Pangkal Penguasaan Bahasa Arab. Cet. III; Jaakarta: Paradotama Wiragemilang, 1999.

 

Mustafa, Syekh Algulainy. Jami’ Durus Al-Arabiyyah.Juz. 2; Lebanon: Matba’ah. 1974 M.

 

Nuri Mustafa, Intan Hafsah, Al-Arabiyyah Al-Muyassarah.Cet. I; Jakarta: Pustaka Arif, 2008.


Minal Asatisah, Jam’ah. Annahaju Al Wadhih, Juz. 3; Lebanon: Matba’ah 1992.

 

15

 



[1]Departemen Agama RI, al-Qur'an  dan Terjemahannya ( Jakarta: CV Penerbit J-ART 2004 ), h.236.

[2] Fuad Ni’mah, Mulakhkhos:  Qawa’id Al-lugatul  Al’Arabiyah ( الطبعة التاسعة؛ دمشقص: منشورات دار الحكمة, )  ), h. 27-30

[4]من الأساتذة , النهج الواضح في قواعد اللغة العربية ( الجزء الثاني ؛ صيدا ـ بيروت) ص. 25   جماعة

[5] Mustafa Nuri dan Hafsah Intan, Al-Arabiyyah al-Muyassarah ( Cet. I; Jakarta: Pustaka Arif, 2008), h. 31              

[6] Mustafa Nuri dan Hafsah Intan, op. Cit, h. 32-36

[7] Moch.Anwar  dan Anwar Abu Bakar, Ilmu Nahwu ( Terjemahan Matan Al-Jurumiyyah dan ‘Imrithy berikut penjelasannya ), ( Cet. 6; Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1995 ), h. 86-87

[8] الشيخ مصطفى الغلاييني, جامد الدروس العربية ( الجزء الثاني. الطبعة  الرا بعة عشرة ؛ صيدا ـ لبنان : المطبعة العصرية للطباعة والنشه, 1974 م ), ص. 266-268.

[9] Syekh Syamsuddin Muhammad Araa’ini, Ilmu Nahwu Terjemahan Mutammimah Ajurumiyyah, (Cet. IV; Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2002 ), h.145-151

 

[10] Ahmad Thib Raya dan Musdah Mulia, Pangkal Penguasaan Bahasa Arab (Jilid. I;Jakarta: PT. Paradotama Wiragemilang,1999), h.219-221

Komentar

Postingan populer dari blog ini

إِنَّ وَ أَخَوَاتُهَا - inna dan Saudara-Saudaranya

AL - Kalimah Wal Jumlah

MATERI I KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH ( الساعة )